Kamis, 27 Oktober 2016

Dibalik Rahasia Penjual Sempol

Fotografi : Fery




SEMPOL, Siapa sih yang nggak tau sempol, sempol adalah jajanan hits dari Malang beberapa bulan terakhir ini, daerah Malang serasa punya wajah beda. Kalau biasanya keluar dari area sekolah, area pasar, area wisata, atau di sudut taman bermain pun yang kita temui adalah penjual cilok bakar, cilok nggak dibakar, atau pun cilok yang biasa aja, kali ini pemandangan seperti itu seakan hilang di telan zaman. Iyaapss, fenomena seperti ini terjadi karena ketenaran cilok yang dulu sangat dielu-elukan para pencari jajanan, sekarang tergantikan oleh jajanan baru yang bernama sempol. Jajanan yang konon berasal dari daerah pagak ini mulai merajalela sekitar awal tahun 2016. Terbuat dari tepung terigu, tepung tapioka, dan daging ayam, serta beberapa rempah pilihan ini memang mempunyai citarasa yang khas.Serasa makan pempek tapi bukan pempek, mau disamain kayak cilok tapi ya beda banget... >,<
Asal nama dari sempol sendiri diambil dari nama desa sang pembuat. Desa sempol begitulah nama dari desanya. Desa sempol adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi JawaTimur. Desa sempol di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Sumbermanjing Kulon, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Sumber petung Kecamatan kaliparedan di sebelah timur berbatasan dengan Desa Sumberkerto. Desa Sempol berjarak 19 km dengan ibu kota Kabupaten Malang yaitu Kepanjen. Jajanan ini sebenarnya sudah ada di daerah Malang Selatan sejak 2014 lalu. Di cerita kan ada seseorang yang bernama Cak Man, dia ingin membuat sebuah jajanan yg unik. Ide awalnya cilok tapi dikepel layaknya mendol trus dicelup adonan telur lalu digoreng. Sausnya pun hanya sebatas saus sambal.
Berbekal ide tersebut, Cak Man mulai memboyong sempolnya ke Kota Malang. Domisili di gerbang SMA BSS gerobak warna biru. Dulu gak ada produk serupa. Owner merasa kesusahan untuk memasarkan produk uniknya karena keterbatasan sarana marketing dan tidak adanya SDM marketing di perusahaannya.
Sampai tiba pada sebuah masa dimana virus korea menyebar (lol) :D , film seri korea di download dimana-mana secara mudah, para remaja mendadak menjadi movie-reviewer tahun ini dan si dia tidak kehabisan ide. Diubah lah sempol itudengan brand pentol korea. Ternyata antusiasme warga sekitar lumayan bagus dan mulai di lirik oleh pesaingnya di daerah depan pujasera brawijaya dan gang SMA8. Namun karena brand awal yg melekat adalah sempol, jadi semuanya pakai nama sempol.
Akhirnya sempol merambah dimana-mana. Dengan berbagai merk. Kalo diramalkan, bentar lagi bakal ada sempol yang punya akun instagram dengan layanan delivery (atau mungkin sudah ada). Dengan puluhan macam varian dan puluhan macam saus serta topping.
Dalam mendirikan suatu usaha tentunya kita memerlukan modal awal untuk mendirikan outlet atau untuk membeli bahan – bahan yang akan kita gunakan untuk membuat usaha tersebut. Tentunya kita menginginkan modal yang kita keluarkan tidak terlalu besar, dengan mengeluarkan modal sedikit namun dapat memberikan keuntungan yang memuaskan. Seperti halnya dengan mendirikan usaha sempol kita tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk mendirikan usahatersebut, kira – kiradengan mengeluarkan uang sebesar 1,5 juta sudah bias membuka usaha sempol itu pun kita sudah bias membeli grobak untuk menjual sempol, bias di perkirakan usaha untuk sempolnya sendiri sekisar 700 ribu sesuai berapa banyak sempol yang akan di perjual kan. Dan dengan modal 1,5 juta kita bias mendapatkan keuntungan sekisaran 2 juta per bulani tupun dengan pembelian normal, jika pembelian rame maka kita bias mendapatkan keuntungan yang lebih.
Dengan banyak nya peminat sempol di Malang, usaha ini cukup menjanjikan loh :O  terutama buat kalian yang ingin membuka usaha baru atau digunakan sebagai usaha sampingan. Karena dengan usaha sempol ini kalian tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya dan juga sangat simple. Selain itu jika kita tidak ingin menjualnya sendiri kita bias memperkerjakan orang atau merekrut karyawan untuk menjualkan sempol kita atau menjalankan usaha kita sehingga kita hannya perlu mengeceknya saja tidak perlu ikut turun kelapangan.Ya tapi jangan lupa juga kalau kita berani memperkerjakan karyawan berart ikita juga harus liat lokasi, maksud nya lokasi disini area kita berjualan, why ??? soalnya kalo lokasi kita nggak strategis ya jangan berharap laku. Jadi pilihlah tempat-tempat yang rame, kayak deket-deket kampus, sekolah-sekolah terminal ya dimana ajah lah yang banyak orang.

Setiap usaha memang di mulai dari nol apapun itu jenis usahanya. Kesuksesan suatu usaha perlu pengorbanan waktu, pikiran dan tenaga serta di iringi dengan doa, orang yang sukses bukan berarti mereka langsung jadi besar usahanya dan langsung jadi milioner dalam waktu sekejab. Tetapi mereka telah melewati beberapa pengorbanan dan kegagalan yang melintang di hadapan. Dengan penuh semangat mereka telah melalui proses waktu yang cukup lama dalam meraih impian nya. Jangan mengira bahwa orang-orang yang sukses itu tidak melalui rintangan dan kegagalan bukan gampang untuk mewujud kan cita-citanya. Dan kegagalan yang di alaminya mulai dari produksi produk,  pemasaran, pemasok, sampai kepada persaingan yang mematikan usaha, akhirnya berkat kejelihan dalam berpikir dan mencari penyebab kegagalan serta bangkit dari itu semuanya tanya terwujud juga apa yang di targetkannya. Tuhan itu tidak tidur dia tidak membiarkan hambanya selagi mau berusaha dengan sabar, semangat, tidak putus asa dan berdoa. Ternyata benar tuhan tidak merubah nasib suatu hambanya melainkan hamba sendiri merubah nya. Setiap manusia pasti bisa kaya asal kan mau berusaha dan mengola isi alam ini dengan baik.
Di bawah ini ada beberapa tips menjadi pengusaha sukses :

1.      Mencaritahu target pasar
Pengusaha sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam pengapliasian nya salah, maka bias dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.
2. Selalu belajar dan lakukan pengamatan. Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama, Bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lain nya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bias lebih inovatif.
3. Hadapi dan nikmati hambatan atau kegagalan.
Membangun sebuah usaha hingga sukses tidak lah mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hamper selalu membayangi setiap usaha.Untuk itu sebaik nya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita di sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh Karena itu, hadapi serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha. Kunci kesuksesan memulai usaha adalah berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis Anda.
Salam sukses.

Penulis : Bela , Erika , Nabila , Memes
Editor : Isty , Zulfikar




1 komentar:

  1. Aussie Rules – How To Play Free Baccarat?
    It is easy to 바카라사이트 play 온카지노 Baccarat online. With the ease of the internet it is possible to play it 1xbet for free without real money and with no deposit

    BalasHapus